Riuh Rendah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Ke mana, Arka? Makan nasi goreng kambing di Kebon Sirih. 



Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sepertinya sudah jadi salah satu kuliner yang wajib buat dicoba kalau lagi ke Jakarta. Awalnya nasi goreng kambing yang sudah berdiri dari tahun 1958 ini memang hanya berupa warung kaki lima di pinggir gang sekitaran Jalan Kebon Sirih. Kemudian karena semakin lama semakin terkenal, saat ini Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih sudah punya beberapa cabang yang lebih modern dan nyaman di wilayah Jakarta lainnya. Tapi, warung kaki lima pinggir gang yang ada di Kebon Sirih masih tetap jadi yang paling ramai dan menarik untuk didatengin bagi orang-orang. Salah satunya ya saya sendiri. 


Seperti yang sudah saya ceritakan tadi, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih 'cabang utama' menempati sebuah area di pinggiran gang. Bisa dibayangkan bentuknya seperti warung-warung tenda kebanyakan di Indonesia yang lengkap dengan atap terpalnya. Tapi di sini mereka menyusun mejanya secara memanjang sehingga semakin menambah keriuhan suasana makan. FYI, nasi goreng ini bakalan rame terus sejak selepas magrib sampai mereka tutup di sekitar jam 2 dini hari. Jadi memang harus agak usaha buat mendapatkan tempat duduk. Dan karena tempatnya yang berupa warung tenda tadi, kalian mungkin juga akan sedikit kesulitan kalau sedang hujan. Selain karena bakal basah-basahan, cari tempat parkirnya juga semakin susah dibanding biasanya. :p



Begitu sampai di gang warungnya, kalian akan langsung disuguhi pemandangan penggorengan yang super gede dan super penuh dengan nasi goreng di sisi kanan dan juga deretan tempat duduk di sisi kiri juga kanan gang. Saran saya, lebih enak kalau cari tempat duduk dulu sebelum pesen makanannya. Nanti setelah dapet tempat duduk kalian bisa pesen menu yang kalian pengen di sisi gang sebelah kiri sekaligus langsung membayarnya terlebih dahulu. Dan nggak perlu menunggu lama, pesanan kalian akan langsung diantar ke meja di mana kalian duduk. 

Nasi Goreng Kambing

Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih punya karakter yang mirip-mirip dengan nasi kebuli. Aroma dan sensasi hangat dari rempah-rempahnya terasa jelas di lidah meski nggak telalu kuat. Tekstur nasi gorengnya juga pas. Setiap butiran nasinya terpisah sempurna, nggak lembek, dan tetep ada sedikit aroma gosongnya. Sedangkan dagingnya sendiri punya potongan yang agak kecil-kecil dan masih sedikit tercium aroma khas daging kambing. Poin kedua ini mungkin akan sedikit menganggu buat kalian yang nggak begitu suka kambing. But for the kambing lover out there, you're gonna like it karena di situ lah yang bikin nasi goreng kambing ini lebih kaya rasa. Apalagi karena dagingnya tadi sudah ditumis terlebih dahulu sebelum dicampur dengan nasi gorengnya, it could be pretty much tender, juicy, and flavorful. 

Selain nasi goreng kambing, di sini mereka juga menyediakan menu sate kambing yang sayangnya saya nggak pesen waktu itu. Tapi sekilas, their skewer looks quite interesting actually. Maybe next time, right? Oh iya, semua menu di Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih disajikan lengkap dengan emping dan juga acar racikan mereka yang terdiri dari timun, kubis, dan saus cabai berwarna merah terang. Buat saya, rasa dan tampilan acarnya hampir mirip dengan asinan bogor tapi jauh lebih sederhana pastinya. 

Nasi Goreng Ayam

Nasi Goreng Kambing 1/2 Porsi

Nah, untuk kalian yang nggak bisa makan kambing, mereka juga punya pilihan menu Nasi Goreng Ayam. Secara keseluruhan, profil rasa nasi goreng ayamnya mirip dengan yang kambing. Karena yah memang bumbu-bumbunya juga sama sih. Hanya saja yang dicampurkan bukan tumisan daging kambing tapi tumisan daging ayam. So you'll only miss that aroma from the lamb. And last thing, kalian juga bisa pesan porsi nasi gorengnya sesuai dengan kapasitas perut kalian. Bisa satu porsi atau pun setengah porsi. Win win solution ya? *mantab

Let's sum it up! Honestly, I do really like the ambience. Saya suka suasananya yang selalu ramai dan hidup. Ditambah dengan pemandangan nasi goreng yang menggunung di atas wajan super besar semakin membuat pengalaman makan di sini jadi menarik. Sedangkan kalau dari segi rasa, hal-hal yang berhubungan sama kambing bisa jadi bersifat sangat subyektif. Personally, I like it but ain't a big fan of. But still, tempat ini tetep boleh banget dijadikan salah satu agenda kalian kalau sedang di Jakarta. 





Arahan dari Arka:


Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
Jln. Kebon Sirih Barat Dalam I No. 9
Menteng, Jakarta Pusat 10340
Jam Buka: 10.00 WIB-02.00 WIB
0811190775 / 0811864011 / 
021 74702499

Harga:
Nasi Goreng Kambing Rp41.000,00
Nasi Goreng Kambing 1/2 Porsi Rp31.000,00
Nasi Goreng Ayam Rp41.000,00
Soft drink Rp6.000,00
*harga belum termasuk pajak 10%

Comments

Popular Posts