Jakarta: 1/15 Coffee Kemang

Ke mana, Arka? Having breakfast and fulfilling my morning caffeine supply at 1/15 Coffee Kemang.



One Fifteenth adalah salah satu jaringan coffee shop yang sudah lama meramaikan skema kedai kopi di Jakarta. Dari 2012 sampai sekarang, One Fifteenth sudah mempunyai beberapa outlet yang tersebar di beberapa wilayah Jakarta. Bahkan mereka juga sudah buka satu outlet paling baru di Bali.

Kali ini, saya datang di outlet yang ada di daerah Kemang. One Fifteenth Kemang berada di suatu komplek bisnis di Jalan Kemang Raya. Jadi nggak terlalu sulit buat menemukannya. Komplek bisnis ini juga sudah punya lahan parkir yang cukup memadai sehingga nggak perlu repot buat kalian yang bawa mobil. Cuman, memang harus agak hati-hati kalau mau parkir yang di basement karena sudut tanjakan keluar dan masuk basement-nya memang lumayan tajem.



Secara desain, One Fifteenth Kemang mengusung konsep compact and minimalist yang didominasi dengan warna abu-abu muda. Mereka juga menggunakan permainan tekstur dan beberapa gradasi warna abu-abu sebagai aksen and focal interest. Kemudian, supaya suasananya nggak terkesan terlalu ‘dingin’, mereka menambahkan beberapa elemen kayu pada furnitur dan alat makan mereka so that the whole ambience could be warmer than before.


I was there pretty much early. Sekitar pukul sembilan pagi. But it’s already a busy morning at One Fifteenth. Mereka memang sudah buka dari pagi sehingga cocok untuk mengakomodir orang-orang yang butuh kopi di pagi hari. Dan mungkin juga buat yang butuh sarapan. Baik yang pengen sarapan ‘serius’ atau yang cuma pengen some little bites. Maka dari itu begitu masuk ke dalam, semua orang sepertinya terlihat sibuk makan sambil menyiapkan kerjaan mereka hari itu atau pun sambil having a good discussion dengan beberapa temen kantor.


Avocado Toast

I ordered one of their breakfast menu, Avocado Toast. Alongside with their Risoles, Pandan Ice White, and Wira’s Blend. Avocado Toast consisted of toasted sourdough bread, sliced avocados, and sunny side up egg. Then topped with whipped garlic sauce. Secara keseluruhan menu ini punya profil rasa yang gurih dan super creamy. Semua komponen tadi kemudian saling menyatu dibalut dengan sausnya yang garlicky. Satu hal yang saya suka adalah pemilihan sourdough sebagai base. Karena sourdough tadi berhasil memberikan tekstur yang lebih chewy dan punya ciri khas rasa yang bisa menyeimbangkan dominasi rasa gurih serta creamy dari kondimen yang lain.

Risoles

Berlanjut ke Risoles. Sebenernya saya nggak ada rencana buat pesen risoles tapi kemudian nggak sengaja ngeliat ada orang lain yang sedang diantarkan pesenan risolesnya, and it looked so yummy! Jadi kemudian saya berujung ikutan pesen deh. Dan bener aja, saya suka risolesnya! Isian ragout-nya lembut dan gurih. Lengkap dengan wortel dan daging asap yang memberikan tekstur pada ragout yang creamy tadi. Kulit risolesnya pun tidak terlalu tebal. Jadinya garing dan krispi di bagian luarnya. Mereka juga menyajikan risoles barengan dengan spicy mayo dipping yang cukup menarik. It had enough spiciness, a little bit tangy, and a little bit herby. A really nice complexion in one bite!

Pandan Ice White

Untuk kopi pagi hari itu saya sedang kepengen sesuatu yang light and fresh. So I asked for Pandan Ice White. Kopinya sendiri memang nggak terlalu strong but pretty much settled. It was smooth and creamy but not that milky. It also had the perfect sweetness to me. Nah yang saya suka adalah mereka berhasil mencampurkan cita rasa pandan dengan sangat lembut. Jadi cold white ini aromanya wangi banget tapi nggak sampai berlebihan kaya yang cuma pakai perisa buatan. It’a mild yet delicate hint of pandan!

Wira's Blend

Another companion was Wira’s Blend. Ini adalah campuran teh hitam dengan beberapa rempah-rempah lainnya, seperti jahe, kayu manis, serai, pandan, dan daun jeruk. Surprisingly, it’s already sweet meskipun belum ditambah gula sama sekali. Teh ini juga wangi banget and had a refreshing sensation afterwards because of the lime leaves. Tapi secara bersamaan juga terasa hangat dan menenangkan yang berasal dari jahe serta kayu manisnya. I thought it was a perfect balance after all.

Oke, singkat cerita saya suka banget dengan apa yang One Fifteenth Kemang tawarkan secara keseluruhan. They are a nice place to visit before continuing my whole morning errands. The coffee was so smooth but had enough kicks to start the day. They also served some flavorful dishes to choose when you have to eat your breakfast before work. Pas deh!

#OOTD Spot Suggestion





Arahan dari Arka:


@115coffee
1/15 Coffee Kemang
Jln. Kemang Raya No. 37
Kemang, Jakarta Selatan 12730
Jam Buka: 07.00 WIB-21.00 WIB
021 71791733

Harga:
Risoles Rp45.000,00
Avocado Toast Rp55.000,00
Pandan Ice White Rp39.000,00
Wira's Blend Rp35.000,00
Ice Tea Rp26.000,00
*harga belum termasuk pajak 10% dan service charge 5%

Comments

Popular Posts