Makan Seafood Langsung di Pelabuhan Ikan Cirebon

Ke mana, Arka? Makan Seafood Pa Kliwon di Pelabuhan Ikan Cirebon. 



Selain kulinernya yang unik dan nggak bisa ditemukan di daerah-daerah lain, Cirebon juga terkenal akan hasil lautnya yang melimpah. Apalagi Cirebon sudah punya Pelabuhan Perikanan sendiri sejak beberapa puluh tahun yang lalu. Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Kejawanan ini bahkan menjadi salah satu yang terbesar di Jawa Barat dan sekitarnya dengan nilai transaksi mencapai ratusan miliar per bulan. Nggak heran kalau kemudian harga-harga seafood di Cirebon jadi relatif lebih murah dibandingkan dengan di Surabaya. *seneng betul*


Salah satu tempat makan seafood yang agak beda dari yang lain adalah Seafood Pa Kliwon. Ini karena letak rumah makannya yang berada langsung di dalam kompleks PPN Kejawanan. Jadi bisa dipastikan kalau seafood yang dijual memang segar banget, langsung dari pelabuhan. Rumah makan Pa Kliwon sebenernya tidak terlalu besar. Hanya terdiri dari satu ruangan utama sederhana yang mungkin cuma bisa menampung sekitar 50 orang. Sehingga sering penuh kalau datang di jam-jam makan siang atau makan malam. 

Saya kemarin datang sekitar jam setengah 5 sore dan operasional pelabuhan sudah tutup. Jadi begitu masuk pelabuhan kalian hanya akan menemukan petugas di portal penjagaan. Di situ kalian akan ditanya ke mana tujuannya dan kadang diminta retribusi (meski kadang juga tidak, tergantung rejeki). Setelah bilang kalau mau ke Pa Kliwon, kalian langsung lurus saja masuk ke dalam pelabuhan. Nanti akan ada Masjid Pelabuhan di sisi kiri jalan. Nah Seafood Pa Kliwon berada persis setelah masjid tadi. Nggak terlalu susah, kan?


Sore itu akhirnya saya memesan beberapa menu. Ada Udang Asam Manis, Ikan Kakap Putih Bakar, Cah Kangkung, dan Tempe Goreng. Pesanan saya datang tidak terlalu lama. Mungkin nggak sampai 30 menit kemudian. Dan begitu datang, saya sedikit kaget dengan porsinya yang bener-bener besar. Sepertinya cocok untuk acara makan rame-rame. :D

Udang Asam Manis

Menu pertama adalah Udang Asam Manis. Sekali lagi, porsinya besar banget. Udangnya memang berukuran sedang, tapi jumlahnya melimpah. Begitu pula dengan saus asam manisnya yang menyelimuti secara sempurna setiap udangnya. Saya suka dengan sausnya yang memiliki cita rasa asam-manis alami dari potongan buah nanas segar di dalamnya. Kadang suka agak kecewa dengan olahan asam manis karena seringnya cuma seperti mengandalkan saus tomat botolan aja. Tapi yang satu ini beda. Saya juga bisa melihat bahan-bahan lainnya yang semakin membuat cita rasa sausnya lebih kompleks. Salah satunya adalah bawang bombai yang berhasil memunculkan sensasi rasa manis tersendiri dan aroma yang wangi banget. Udangnya sendiri juga terasa segar dan teksturnya masih 'renyah'. Dimasak bersama dengan kulitnya, membuat keseluruhan menu ini menjadi lebih gurih dan tasty. Yah, mungkin ini lah satu kekurangannya, yaitu kita jadi agak repot kalau mau makan karena masih ngupasin kulit udangnya satu per satu. But it's worth the effort!

Ikan Kakap Putih Bakar

Menu selanjutnya yang saya pesan adalah Ikan Kakap Putih Bakar. Sebenernya ada beberapa jenis ikan yang bisa kita pilih, hanya saja kemarin saya akhirnya memutuskan untuk memilih ikan kakap putih. Di Seafood Pa Kliwon, ikan dibakar hanya dengan bumbu yang minimalis, yaitu garam, jeruk nipis, dan sedikit kecap manis. Tapi itulah yang justru mengeluarkan cita rasa gurih dan manis dari ikan kakapnya sendiri yang masih segar. Selain itu, semua menu ikan bakar juga sudah dilengkapi dengan lalapan dan dua macam sambal, yaitu sambal terasi dan sambal kecap. Keduanya punya sensasi rasa yang berbeda satu sama lain. Sambal terasi punya cita rasa yang lebih gurih dan lebih pedas dengan aroma yang mantap. Serta punya sedikit aroma-aroma smoky yang entah dari mana sumbernya tapi semakin membuat rasanya jadi menarik. Sedangkan sambal kecapnya punya cita rasa dan aroma bawang merah yang mendominasi. Lebih tidak pedas, tapi malah terasa lebih menyatu dengan baik bersama ikan bakarnya. Jadi, tinggal pilih aja sesuai selera!

Cah Kangkung

Sebagai pelengkap, saya memesan Cah Kangkung dan Tempe Goreng. Porsi kangkungnya sih masih tetap luar biasa banyak. Sepertinya cukup untuk makan satu keluarga. Kalau dari segi rasa, memang bukan seperti tumis kangkung terasi a la restoran-restoran tapi tetap meninggalkan kesan yang baik. Kangkungnya masih renyah kemudian dibalut dengan bumbu kuah yang gurih dan sedikit pedas. Tidak searomatik tumis kangkung terasi, tapi Cah Kangkung ini punya atmosfer yang homey seperti masakan rumah. Begitu pula dengan tempe gorengnya yang punya tepung agak tebal lengkap dengan ketumbar dan daun bawang. Sehingga memang jadi wangi dan cocok banget dimakan pakai nasi hangat. 

Saya secara keseluruhan puas dengan pengalaman makan di Seafood Pa Kliwon PPN Kejawanan Cirebon. Meskipun sederhana dan tidak se-fancy restoran seafood lain, suasananya yang berbeda ini justru berhasil memberikan sensasi makan yang unik. Pelayanannya pun cepat dan tanggap. Sedangkan kalau harganya sendiri menurut saya sudah sangat sebanding dengan apa yang Pa Kliwon tawarkan. Tapi andai saja kalau rumah makan ini bisa dibuat lebih terbuka dan lebih terang pasti akan jadi lebih nyaman dan menyenangkan. So, selamat mencoba!





Arahan dari Arka:


Seafood Pa Kliwon
PPN Kejawanan Cirebon
Jln. Pelabuhan Perikanan No. 1
Lemahwungkuk, Kota Cirebon 45112
Jam Buka: 10.00 WIB-22.00 WIB
0231 8300348 / 081222151663

Harga:
Udang Asam Manis Rp150.000,00
Ikan Kakap Putih Bakar (1.3 Kg) Rp169.000,00
Cah Kangkung Rp15.000,00
Tahu Tempe Goreng Rp10.000,00
Nasi Putih Rp6.000,00
Es Teh Manis Rp5.000,00
Air Mineral Rp5.000,00

Comments

Post a Comment

Popular Posts