Surabaya: Toby's Estate

Ke mana, Arka? Nyobain Toby's Estate Surabaya. 


Toby's Estate akhirnya buka juga di Surabaya! Toby's sendiri adalah jaringan kedai kopi yang berasal dari Sidney, Australia dan sudah membuka cabangnya di Jakarta juga Bandung beberapa saat yang lalu. Dan akhirnya sekitar bulan kemarin Toby's Estate membuka cabangnya di Surabaya, tepatnya di Tunjungan Plaza 5 Lt. GF. Pas banget di lobby dan seberang-seberangan sama Mr. Fox. 


Sama seperti di cabang-cabang sebelumnya, Toby's Estate mengusung konsep desain modern minimalis yang didominasi warna monokromatik dan sedikit sentuhan warna keemasan. Meskipun tidak terlalu besar, Toby's tetap menyediakan dua jenis ruangan utama, yaitu smoking area, yang justru berada lebih ke dalam, dan non-smoking area yang mendominasi keseluruhan ruang. Meja-meja pelanggan juga ditata mengelilingi bar/semi open kitchen yang berada tepat di tengah ruangan sehingga menambah suasana hangat di dalam coffee shop. Saya yang pada dasarnya kurang begitu suka ngopi di pusat perbelanjaan jadi harus membuat pengecualian untuk yang satu ini. 


Truffle Beef Bacon and Egg Croissant

Saya kemarin datang sekitar jam 11 siang. So it was the perfect time for having some brunch. Meskipun sebenernya Toby's selalu menyediakan all day brunch menu dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore dan juga menu all day dining dari jam 11 siang sampai jam 6 sore. Back to the brunch menu, I came up to order Truffle Beef Bacon and Egg Croissant and also Toby's Signature Pancake. Truffle Beef Bacon and Egg Croissant sebenernya adalah classic croissant yang disajikan dengan scrambled egg, beef bacon, dan truffle oil. For me, this dish is really something! The scrambled egg was super creamy and fluffy. Bertemu dengan garingnya croissant dan gurihnya beef bacon. Lalu semuanya meleleh menjadi satu suapan di dalem mulut dan dibarengi dengan aroma truffle oil yang mulai menyentuh hidung. So good! Semua elemen rasanya tidak ada yang menonjol tapi berpadu dengan sangat pas dan saling menyempurnakan. I can't even stop diggin'. 

Toby's Signature Pancake

Menu Toby's Signature Pancake juga ternyata sama-sama menggodanya. Three stacks of fluffy pancakes topped with berries compote, banana, mint leaves, and pistachios. Then, served with salted caramel sauce and torched meringue. Sekali lagi, nggak ada yang berlebihan dari rasa tiap-tiap elemennya. Tidak ada yang terlalu manis atau terlalu asem. Jadi nggak berasa aja begitu sudah mau habis. Bagian favorit saya adalah kacang pistachionya yang berhasil memunculkan tekstur tersendiri di menu ini. 

Flat White

Kiri ke kanan: Orange Boost, Iced Long Black, dan Iced Green Tea Latte

Untuk kopi, saya akhirnya memutuskan untuk nyoba Flat White dan Iced Long Black mereka. Kopi mereka punya karakteristik medium body dan low acidity. Karakter kopi yang saya suka secara personal. Toby's juga punya banyak menu non-coffee. Diantaranya yang saya sempat coba yaitu, Iced Green Tea Latte dan Orange Boost. That Green Tea Latte has the right amount of creaminess and not too sweet like others. Sedangkan Orange Boost adalah jus yang terdiri dari campuran jeruk sunkist, apel, dan wortel. Mereka beneran cuma mengandalkan manis dari buah untuk minuman ini, meskipun tetap disediakan gula cair secara terpisah kalau mau. Seger dan asem!

Yuzu Tart

And it came to dessert time. Saya pun memesan sepotong Yuzu Tart. Seperti namanya, tart ini berisi krim jeruk yuzu khas Jepang yang kemudian dilapisi lagi dengan meringue yang sudah dibakar di bagian atasnya. Jujur ini sedikit terlalu asem buat saya meski ada sedikit sensasi pahit di belakang khas jeruk yuzu. Apalagi karena meringue dan crust-nya memang tidak terlalu manis. But it was interesting!


Secara keseluruhan saya sangat puas dengan Toby's Estate. Menu-menu yang mereka tawarkan hampir semuanya cocok dengan selera saya. Pelayanannya pun cepat dan menyenangkan. Hanya aja, harganya memang relatif di atas rata-rata tempat sejenis di Surabaya. But it's totally worth to try and definitely will come back soon!






Arahan dari Arka:


Toby's Estate Coffee Roasters
Tunjungan Plaza 5 Lobby GF
Jln. Basuki Rahmat No. 107
Tegalsari, Kota Surabaya 60261
031 5311107
Jam Buka:
Senin-Kamis Jam 08.00 WIB-23.00 WIB
Jumat-Sabtu Jam 08.00 WIB-00.00 WIB
Minggu Jam 08.00 WIB-22.00 WIB

Harga:
Truffle Beef Bacon and Egg Croissant Rp108.000,00
Toby's Signature Pancake Rp68.000,00
Yuzu Tart Rp45.000,00
Flat White Rp35.000,00
Iced Long Black Rp30.000,00
Iced Green Tea Latte Rp38.000,00
Orange Boost Rp45.000,00
*harga belum termasuk pajak 10% dan service charge 5%

Comments

Popular Posts