Cirebon: Kopi Manao

Ke mana, Arka? Grab some coffee-to-go at Kopi Manao. 




Awalnya nggak sengaja menemukan tempat ini waktu lagi scrollimg media sosial tentang makanan-makanan apa yang lagi seru di Cirebon. Dan ketemulah si Kopi Manao ini. Sekilas Kopi Manao mengingatkan saya akan Toko Kopi TUKU dengan es kopi susunya yang terkenal dan jadi tren di mana-mana. Karena penasaran, akhirnya saya langsung coba datang ke Kopi Manao yang nggak begitu jauh dari pusat kota. Kalau kalian berangkat dari pusat kota, langsung aja menuju ke Jalan Tuparev arah Jakarta/Bandung dan cari RM Sumpit yang ada di kanan jalan. Kopi Manao terletak persis di belakang rumah makan itu tadi. Jadi memang agak tersembunyiu lokasinya.


Kopi Manao sendiri merupakan sebuah kedai kopi yang tidak terlalu besar. Hanya terdiri dari satu area utama non-smoking dan semacam teras tanpa sekat yang dipakai untuk smoking area. Desain interior area utama tadi sengaja dibuat sebagai perpaduan antara gaya scandinavian dan industrialis. Gaya scandinavian ditunjukkan dengan warna dasar putih dan berbagai unsur kayu cokelat muda sebagai statement di seluruh ruangan. Sedangkan gaya industrialis ditampilkan lewat lantai semen yang juga sekaligus menjembatani dengan konsep area teras. 

Es Kopi Kita

Menu andalan dari Kopi Manao adalah Es Kopi Kita. Es Kopi Kita sendiri merupakan es kopi susu seperti yang lagi ngetren belakangan. Tapi Es Kopi Kita punya profil rasa yang lebih lembut dan creamy. Selain itu, rasa kopinya sendiri juga nggak terlalu kuat jadi memang cocok buat semua orang. Beda dengan si pionir yang kerasa banget gula arennya, Es Kopi Kita cenderung nggak begitu kentara. Cuman memang sensasi kelapanya sedikit lebih menonjol dibandingkan yang lain meskipun tidak sampai overpower. Ini seperti semua elemen dalam Es Kopi Kita tadi dibuat sedemikian rupa untuk saling memberikan sedikit-sedikit sentuhan rasa tersendiri. One good thing. Apalagi kalau porsinya sedikit dibanyakin ...

Cappuccino, Es Cokelat, dan Es Kopi Kita

Selain Es Kopi Kita, saya juga sempat memesan Cappuccino dan Es Cokelat. Sampai sini saya merasa karakteristik kopi di Kopi Manao sepertinya memang lebih ke tipe-tipe kopi yang mild dan tidak terlalu asam. Jadi begitu diminum akan memberikan cita rasa yang lembut dan kemudian menyisakan sedikit sensasi asam di ujung belakang. And for the Es Cokelat, I'm glad that it's not the super sweet ice chocolate. Masih ada rasa pahitnya meskipun nggak terlalu banyak. Mungkin sekitar separuh-separuh. Tapi itu jumlah yang cukup untuk menyeimbangkan rasa manis di dalam keseluruhan minuman. 


Kopi Manao buat saya bisa banget untuk dijadikan pilihan kalau lagi pengen es kopi susu di Cirebon. Not only the taste that I like but also their service was pretty nice. Cuman karena tempatnya yang nggak terlalu luas, apalagi area non-smoking-nya, jadi harus siap sedia kalau ternyata penuh. Tapi kalau cuma pengen ngopi grab and go, Kopi Manao was surely satisfying. 





Arahan dari Arka:


Kopi Manao
Jln. Tuparev No. 64
Kedawung, Kab. Cirebon 45153
(Belakang RM. Sumpit)
Jam Buka: 14.00 WIB-23.00 WIB
Akhir pekan buka sampai Jam 24.00 WIB
Hari Selasa Tutup
082127821395


Harga:
Es Kopi Susu Kita Rp17.000,00
Es Cokelat Rp17.500,00
Cappuccino Rp22.000,00

Comments

Popular Posts