Gurihnya Empal Gentong Khas Cirebon

Ke mana, Arka? Makan siang di Empal Gentong H. Apud. 



Empal Gentong sepertinya sudah jadi makanan yang harus banget dicoba kalau sedang berkunjung ke Cirebon. Hampir di setiap sudut kota pasti ada aja tempat untuk makan Empal Gentong. Mulai dari yang dijual pakai gerobak dorong sambil keliling komplek hingga bahkan yang di rumah-rumah makan besar dengan banyak cabang. Salah satu yang paling terkenal dan sudah berdiri lebih dari 20 tahun adalah Empal Gentong H. Apud. 


Empal Gentong H. Apud sudah punya beberapa cabang di Kota Cirebon. Tetapi rumah makan pusatnya terletak di Jln. Ir. H. Juanda. Kalau kita dari Kota Cirebon tinggal cari aja arah ke Jakarta/Bandung via non-tol. Nanti rumah makan H. Apud akan ada di sisi kanan jalan dengan papan nama yang super besar. Karena berada di tepi jalan antar-kota yang padat, kita akan agak susah untuk mencari parkir. Lebih-lebih karena Empal Gentong H. Apud Pusat ini nggak pernah sepi, terutama di jam-jam makan siang yang akan penuh sama mobil-mobil bahkan juga bus pariwisata. Jadi harap agak bersabar untuk yang satu ini. :p


Meskipun dari luar tampak tidak terlalu besar, rumah makan ini ternyata cukup luas dan memang bisa menampung banyak pengunjung begitu masuk ke dalamnya. Bahkan ruangannya sudah terbagi-bagi lagi untuk yang menggunakan penyejuk udara atau pun yang cuma pakai kipas angin. Sistem di H. Apud adalah pesan di meja. Jadi begitu dateng langsung saja cari tempat duduk dan tinggal tunggu mas/mbak yang ada di sana untuk mencatat pesanan kita.


Empal Gentong sebenernya adalah olahan daging sapi dengan dasar kari. Diberi nama gentong karena pada waktu di awal sejarah pembuatannya, Empal Gentong dimasak menggunakan gentong alias periuk dari tanah liat. Cita rasa Empal Gentong berada di antara segarnya soto dan gurihnya gulai karena kuahnya yang menggunakan santan. Isian Empal Gentong bisa dipilih sendiri apakah mau hanya daging saja atau campur dengan jeroan. Kemudian tidak lupa ditaburi dengan daun bawang, kucai, dan bawang goreng yang membuatnya semakin wangi. Empal gentong bisa dimakan bersama nasi putih atau pun dengan lontong. Uniknya lagi, sambal pendamping Empal Gentong tidak seperti sambal pada umumnya karena sambal Empal Gentong berupa cabai bubuk kering yang sudah dicampur bumbu-bumbu yang sudah dikeringkan juga. 

Eampal Gentong

Yang bikin Empal Gentong H. Apud ini istimewa adalah ketepatan perbandingan antara santan dan kaldu sapinya. Gurihnya kaldu sapi di sini jadi punya 'body' yang pas berkat si santan. Sehingga masih tetap terasa ringan dan segar sekaligus kaya rasa dengan sedikit sentuhan manis. Daging sapi di sini juga empuk dengan potongan bite size yang cukup banyak. Nggak heran kalau rumah makan yang satu ini rame banget banget banget. 

Empal Asem

Oh iya, Empal Gentong selalu ditawarkan bersama dengan Empal Asem. Bahan dasarnya sih tetap sama-sama daging sapi. Tapi Empal Asem disajikan dengan kuah kaldu bening yang seger banget karena ditambahkan potongan tomat yang banyak serta tidak lupa kucai dan pelengkap lainnya. Empal Asem bisa jadi pilihan buat kalian yang nggak begitu suka makanan bersantan. Empal Asem juga cocok banget kalau dibikin agak pedas karena perpaduan antara pedas, asem, dan hangatnya Empal Asem bener-bener bikin pengen tambah lagi. 


Selain menjual Empal Gentong dan Empal Asem, di rumah makan H. Apud ini juga menjual makanan khas Cirebon lainnya seperti Nasi Lengko, Tahu Gejrot, dan Sate Kambing Muda. Kalian juga bisa menemukan berbagai macam cemilan dan oleh-oleh asli Cirebon untuk dibawa pulang. Lengkap dan hemat waktu. Jadi tunggu apa lagi?





Arahan dari Arka:


Empal Gentong H. Apud
Jln. Ir. H. Juanda No. 24
Tengah Tani, Kota Cirebon 45153
0231 211055 / 085115349177
Jam Buka: 09.00 WIB-21.00 WIB


Menu

Comments

Popular Posts