Surabaya: Moeng Kopi

Ke mana, Arka? Ngopi di Moeng Kopi.




Moeng Kopi adalah sebuah kedai kopi yang terletak di daerah Surabaya bagian timur-selatan. Agak susah untuk menemukan Moeng Kopi karena letaknya berada di dalam perumahan daerah Rungkut yang memang padat. Selain itu bagian depannya juga kelihatan seperti rumah biasa. Jadi memang harus rajin-rajin ikutin arahan dari GPS atau tanya-tanya orang sekitar kalau perlu.



Moeng Kopi ini adalah bagian dari jiwArtspace yang merupakan sebuah firma arsitektur dan sekaligus galeri. Oleh karena itu begitu kita masuk ke dalam akan langsung terasa atmosfer yang nyeni banget. Moeng Kopi entah kenapa membuat saya jadi merasa seperti sedang berada di Yogyakarta. Mungkin karena tempatnya yang didominasi kayu dengan warna cokelat gelap sehingga membuat suasananya menjadi lebih hangat. Moeng Kopi terdiri atas dua lantai. Lantai pertama khusus untuk smoking area dan lantai dua digunakan untuk non smoking. Di seluruh sisi Moeng Kopi juga dipenuhi dengan berbagai macam artwork. Mulai dari karya fotografi, lukisan, patung, dan perabotan antik. Satu hal yang unik adalah kita akan diminta untuk melepas sepatu alias nyeker waktu masuk ke Moeng Kopi.

Es Kacao

Saya kemarin memesan beberapa menu kopinya. Salah satu signature mereka adalah Es Kacao. Es Kacao sebenernya adalah es kopi susu yang menggunakan gula merah, seperti yang lagi happening akhir-akhir ini. Tapi yang membuat beda, Es Kacao ini ditambahkan serutan Cao atau Cincau Hitam khas Surabaya. Rasanya jadi lebih segar dan membuat rasa kopinya tidak terlalu kuat. Cocok buat orang yang nggak begitu bisa minum kopi. 

Iced Latte

Cappuccino

Selain Es Kacao, saya juga mencoba Iced Latte dan Cappuccino. Saya pribadi sangat menyukai Iced Latte dari Moeng Kopi karena perpaduan kopi dan susunya yang pas banget. Mereka cenderung punya kopi dengan light bodies dan tidak terlalu asem. Bener-bener bisa banget jadi pilihan untuk orang-orang yang nggak kuat minum kopi tapi pengen mencoba. 


Mix Fries

Sebenernya Moeng Kopi punya banyak pilihan side dish untuk teman ngopi. Tapi saya kemarin datang di hari Sabtu sore, jadi banyak menu yang sudah sold out. Akhirnya saya hanya bisa mencoba menu Mix Fries. Mix Fries ini isinya adalah kentang goreng, sosis goreng, dan otak-otak goreng. Kalau dari segi rasa memang cenderung biasa karena sebenernya ini cuma frozen food yang kemudian mereka goreng sendiri. Ya memang sesuai sama harganya yang super hemat.


Moeng Kopi bisa dijadikan pilihan kalau kalian mencari suasana kedai kopi yang berbeda di Surabaya. Meskipun tempatnya agak panas karena tidak ber-AC, harganya yang bersahabat dengan tetap menjaga kualitas kopinya bisa jadi kelebihan tersendiri buat Moeng Kopi. Pelayanan di sini juga super santai dengan sistem semi self service. Semakin berasa kaya bukan di Surabaya!





Arahan dari Arka:


Moeng Kopi dan jiwArtspace
Jln. Medayu Selatan XIX Blok T-43
Perumahan Kosagrha, Rungkut
Kota Surabaya 60295
Jam Buka:
Senin-Jumat 15.00 WIB-22.00 WIB
Sabtu 08.00 WIB-22.00 WIB
Hari Minggu Tutup

Harga:
Cappuccino Rp17.000,00
Iced Latte Rp18.000,00
Es Kacao Rp18.000,00
Mix Fries Rp18.000,00

Comments

Popular Posts