Surabaya: Common Grounds

Ke mana, Arka? Having brunch at Common Grounds.



Common Grounds adalah jaringan kedai kopi yang sudah tersebar di Jakarta, Bandung, Palembang, dan Surabaya. Satu kesamaan dari semua outlet Common Grounds adalah letaknya yang selalu berada di pusat perbelanjaan. Itulah yang membuat saya jadi telat untuk mencoba Common Grounds. Karena menurut saya ngopi di pusat perbelanjaan itu pasti akan ramai dan terlalu terbuka. Tapi karena penasaran dengan berbagai ulasan tentang Common Grounds, saya akhirnya mencoba salah satu outlet-nya di Galaxy Mall Surabaya. 


Terletak di lantai dua, Common Grounds berada persis di bawah ekskalator menuju ke Food Galaxy. Seperti yang sudah saya bayangkan sebelumnya, kedai kopi ini memang lebih terbuka dan banyak orang berlalu-lalang di sekitarnya. Tapi ternyata ada beberapa sudut di sini bisa yang dipilih kalau pengen suasana lebih private. Dominasi warna putih dan cokelat di keseluruhan tampilannya membuat Common Grounds terlihat stand out di antara gerai-gerai lain di sisi itu.


Espresso On The Rocks

Commond Grounds sudah tidak perlu diragukan lagi kalau soal masalah kopi. Selain kedainya yang sudah tersebar di beberapa kota besar di Indonesia, kopi produksi mereka juga digunakan di beberapa kedai kopi lain. Saya pernah menemukan salah satunya di sebuah kedai kopi di daerah Seminyak, Bali. Waktu saya ke Common Grounds kemarin saya pesan Espresso On The Rocks. Kopi Common Ground cenderung punya cita rasa asam dan lebih fruity. And I'm totally okay with that. Nothing to complain about the taste! Hanya aja satu hal yang jadi agak aneh adalah presentasinya. Karena kalau buat saya, Espresso On The Rocks sepertinya bisa disajikan dengan tampilan yang lebih menarik dibandingkan dengan yang saya dapat kemarin. 

Iced Chocolate

Selain kopi, mereka juga punya beberapa pilihan menu minuman non kopi seperti teh dan cokelat. Saya pesan salah satu di antaranya, yaitu Iced Chocolate. Agak terlalu manis buat saya meskipun rasa cokelatnya masih tetap menonjol. Saya suka teksturnya yang lebih creamy tapi tetep light sehingga nggak membuat perut kita makin terasa penuh sehabis brunch di Common Grounds. 

Chicken and Waffle

Omong-omong tentang brunch, Common Grounds juga memang sudah terkenal akan menu-menu brunch mereka. Satu yang klasik adalah Chicken and Waffle. Menu sarapan a la Kanada ini terdiri dari waffle yang disajikan dengan ayam goreng tepung kemudian disiram dengan chili infused maple syrup. Saya sendiri pada dasarnya memang suka dengan Canadian Breakfast, jadi langsung cocok begitu mencicipi menu ini. Tekstur waffle-nya lembut dan tidak terlalu manis. Pas banget dipadukan sama ayamnya yang masih juicy. Perpaduan rasa manis dan gurih tadi langsung seperti menyatu begitu disiram dengan maple syrup yang punya cita rasa manis tapi sedikit pedas. Enak!

Chef Ricky's Sticky Fried Rice

Saat ini Common Grounds juga sedang ada menu seasonal dengan tema Spring's Special. Ada tiga menu yang ditawarkan, yaitu Fish & Chips, Beef and Cheese Tater Tots, dan Chef Ricky's Sticky Fried Rice. Saya kemarin akhirnya memutuskan untuk mencoba Chef Ricky's Sticky Fried Rice, yang merupakan nasi goreng dengan gaya Jepang. Jadi sudah bisa ditebak kalau rasa bumbunya memang tidak terlalu kuat. Tapi aromanya yang tercium dari nasi goreng ini bener-bener wangi. Sepertinya berasal dari bawang putih dan serai yang ada di dalamnya. Yang bikin beda lagi, nasi goreng ini disajikan dengan Sliced Australian Beef Sirloin yang tingkat kematangannya bisa dipesan sesuai selera. Selain itu masih ditambahkan juga dengan irisan beef bacon, telur mata sapi, nori, dan nggak lupa, bawang goreng! It really builds a complexion of the taste. Yum!

Sebenernya secara keseluruhan saya puas banget sama apa yang ditawarkan oleh Common Grounds. Cuman masih nggak rela kenapa outlet mereka hanya ada di pusat perbelanjaan. Will be very happy if they are considering to open up another branch outside the mall in Surabaya. Semoga ya!





Arahan dari Arka:


Common Grounds Coffee Roaster
Galaxy Mall Lt. 2 (Di bawah ekskalator menuju Food Galaxy)
Jln. Dharmahusada Indah Timur No. 35-37
Mulyorejo, Kota Surabaya 60115
031-5915318
Jam Buka: 10.00 WIB-22.00 WIB

Harga:
Chicken and Waffle Rp70.000,00
Chef Ricky's Sticky Fried Rice Rp68.000,00
Espresso On The Rocks Rp35.000,00
Iced Chocolate Rp40.000,00
*harga belum termasuk pajak 10% dan service charge 5%

Comments

  1. Common Grounds Coffee Menu Shop in Apex? Our menu includes coffee, juices, ice creams, and a variety of yogurts. We flaunt indoor and outdoor seating, so that you can enjoy a peaceful evening with your loved ones.

    Menu Common Grounds Coffee

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts