Burger Homemade A la Local Fast Food

Ke mana, Arka? Lagi pengen FLIP Burger.



FLIP Burger adalah sebuah fast food chain asli dari dalam negeri yang sudah ada di beberapa kota besar di Indonesia. Di Surabaya sendiri, FLIP Burger terletak di Tunjungan Plaza 6 Lantai 3. Tempatnya tidak terlalu besar tapi sangat eye catching dengan tampilan color block-nya. Outlet mereka juga terletak di sisi dinding kaca yang langsung menghadap ke taman dan outdoor installment komplek apartemen Tunjungan Plaza. Sehingga membuat suasana makan di FLIP Burger menjadi lebih menyenangkan.



FLIP Burger sangat menonjolkan konsep self service. Jadi kita sebagai pembeli diharapkan bisa melayani diri kita sendiri. Mulai dari ambil minuman sendiri (yang bisa bebas mau ambil berapa kali karena free refill) sampai beresin dan buang sampah sisa makanan kita ke tempat yang sudah disediakan. Tapi untuk poin terakhir sepertinya masih banyak yang belum paham. Mungkin memang perlu ada sosialisasi yang lebih gencar lagi dari FLIP Burger, terutama untuk merubah kebiasaan orang Indonesia yang satu ini. 


This burger chain named that their burger has a good quality within the fair price. Mereka juga menyatakan kalau burger mereka semuanya freshly homemade. Mulai dari rotinya sampai daging patty yang dipakai. Dan jujur memang terasa banget bedanya waktu saya makan di FLIP Burger kemarin.

Smacker

Saya pesen beberapa menu mereka, salah satunya adalah menu andalan dari FLIP Burger yaitu Smacker. Smacker adalah burger yang berisi 2 tumpuk patty, beef bacon, dan 2 lembar keju. Daging patty mereka yang freshly homemade tadi bener-bener membuat rasanya jadi luar biasa juicy. Tingkat kematangannya juga pas, dengan masih sedikit berwana kemerahan di dalemnya. Dagingnya tergolong tebal, jadi puas banget waktu digigit. Uniknya, FLIP Burger memang tidak menambahkan sayuran pada menu burgernya. Sebagai gantinya, mereka menambahkan caramelized onion yang manis-gurih sehingga membuat Smacker jadi lebih istimewa.

Fish Burger

Saya juga sempat mencicipi Fish Burger dari restoran ini. Burger dengan isian fillet ikan dory yang sudah digoreng dengan tepung dan ditambahkan dengan saus mayonnaise. Awalnya agak kaget karena ukurannya yang terbilang cukup besar. Tapi ternyata setelah digigit, tepung yang menyelimuti sedikit terlalu banyak kalau dibandingkan dengan ukuran ikan dory-nya sendiri. Kalau untuk rasa, mungkin karena saya dari depan sudah langsung mencoba Smacker duluan, jadi rasa Fish Burger ini cenderung biasa. Tetep enak tapi kurang membekas.

Chicken Skin

Untuk side dish, FLIP Burger punya beberapa pilihan. Yang paling populer adalah Chicken Skin. Saya banyak sekali membaca ulasan tentang Chicken Skin di FLIP Burger yang katanya juara. Menurut saya sendiri, bumbu dari Chicken Skin ini memang juara. Tidak over power sehingga membuat rasa asli dari kulit ayamnya menonjol. Hanya saja, lapisan lemak di kulit ayamnya sendiri bisa dibilang tipis. Jadi agak membuat kulitnya sedikit kurang mantap. Padahal kalau sedikit lemak malah bener ya karena jadi lebih sehat. :D

Crinkle Cut Fries

Saya juga pesen Crinkle Cut Fries mereka. Teksturnya garing di luar tapi masih lembut di dalam. Rasanya juga tidak terlalu asin. Ini yang bikin kentang goreng FLIP Burger pas banget dimakan barengan sama burgernya yang sudah sangat flavorful. Oh iya, saus sambel FLIP Burger juga punya karakter rasa yang beda dibanding yang lain. Sedikit mirip sambel bangkok meskipun tidak sekuat sambel bangkok betulan.

Paket Lagi Lapar

FLIP Burger juga beberapa bulan lalu baru meluncurkan menu ayam goreng yaitu FLIP CIK'N. Dan ini adalah inovasi mereka yang patut diacungi jempol. Harus dicoba! Karena ayam mereka enak banget. Kalau ditanya enak mana sama fast food chain lain saya akan jawab bahwa FLIP CIK'N menawarkan atmosfer rasa yang berbeda. Seperti kulit ayamnya tadi, bumbu mereka yang tidak over power justru membuat gurih alami dari ayamnya menjadi fokus utama. Saya kemarin pesen Paket Lagi Lapar. Dari paket itu saya dapet 1 ayam potongan besar, 1 ayam potongan kecil, 1 nasi, dan 1 Teh Kotak. Such a great deal! Mengingat harganya yang ramah banget buat di kantong.

FLIP Burger ini buat saya berhasil menjadi salah pilihan yang wajib diperhitungkan kalau lagi pengen makan burger. Rasa burger mereka juara! Harganya juga rasional. Tapi mungkin pelayanannya saja yang perlu ditingkatkan. Terutama kebersihan meja. Kalau memang ingin membudayakan self service, mungkin harus diinformasikan ke konsumen dari saat pesen kalau mereka harus membereskan sisa makan mereka sendiri. But overall this experience was really good, tho!





Arahan dari Arka:


FLIP Burger
Tunjungan Plaza 6 Lt. 3
Jln. Basuki Rahmat No. 107
Tegalsari, Kota Surabaya 60261
Jam Buka: 10.00 WIB-22.00 WIB

Harga:
Smacker Rp56.364,00

Fish Burger Rp34.000,00
Paket Lagi Lapar (1 Nasi, 2 FLIP CIK'N, dan 1 Teh Kotak) Rp34.091,00
Chicken Skin Rp18.182,00
Crinkle Cut Fries Rp15.000,00
Coke/Fanta/Sprite (Free Refills) Rp17.000,00
*harga belum termasuk pajak 10%

Comments

Popular Posts