Surabaya: Tahu Campur Lamongan Cak Minto

Ke mana, Arka? Mau makan tahu campur dulu ah.


Tahu Campur sebenernya adalah makanan khas Lamongan. Tapi sudah menyebar ke daerah lain di Jawa Timur, terutama di Surabaya. Di Surabaya kita bisa menemukan tempat-tempat yang menjual Tahu Campur di mana-mana. Salah satu yang paling terkenal adalah Tahu Campur Lamongan Cak Minto.

Tahu Campur Cak Minto ini ada di daerah Menanggal, bagian selatan dari Surabaya. Dekat dengan Masjid Al-Akbar Surabaya. Tempatnya tidak begitu luas. Jadi siap-siap menunggu kalau datang di jam-jam dia baru buka atau di jam-jam makan malam karena tempat ini bakal penuh. Dan siap-siap juga agak susah menemukan tempat parkir terdekat buat yang naik mobil. 



Untuk yang belum tau, Tahu Campur adalah makanan yang berbasis kuah kaldu sapi. Daging tetelan sapi direbus bersama rempah-rempah sehingga membuat kuahnya berwarna cokelat kekuningan. Saat akan disajikan, kuah tadi akan ditambahkan dengan bumbu petis dan diberi mie kuning, selada, tauge, irisan tahu, irisan perkedel singkong, daging tetelan, serta tidak lupa, kerupuk! Rasanya? Gurih dan segar bercampur menjadi satu. 


Yang bikin istimewa dari Tahu Campur Cak Minto ini adalah di racikan bumbu petisnya kalau menurut saya. Bumbu petis Cak Minto terasa sangat pas. It gives some depth to the broth perfectly. Tanpa membuat eneg. Daging tetelan di sini jumlahnya banyak. Ukuranya juga besar-besar tapi tetep lembut saat dikunyah. Ditambah sambel dan jeruk nipis, sehingga semua rasa tadi bener-bener bersatu padu membuat Tahu Campur ini tidak boleh terlewatkan. Apalagi kalau minumnya Es Cao yang juga khas Surabaya. Wah makin mantap rasanya.

Jadi sudah siap berburu Tahu Campur hari ini?





Arahan dari Arka:


Tahu Campur Lamongan Cak Minto
Jln. Menanggal Utara No. 6
Gayungan, Kota Surabaya 60233
Jam Buka: 13.00 WIB-22.00 WIB
Harga:
Tahu Campur Rp16.000,00
Lontong Rp2.000,00
(Dijual terpisah, jadi gak perlu malu-malu kalau mau nambah berapa lontong pun)

Comments

Popular Posts