Jelajah Pasar Atom Sampai Kenyang

Ke mana, Arka? Pasar Atom dong. 


Sekarang sudah mau bulan puasa ternyata. Dan entah kenapa menjelang bulan puasa, kebutuhan orang Indonesia seolah-olah jadi lebih banyak. Mulai dari baju, jajanan, alat ibadah, sampai perabotan rumah tangga. Semua dibeli aja pokoknya. Kalau di Surabaya, salah satu tempat yang paling lengkap buat beli-beli segala macam tadi adalah Pasar Atom.

Pasar Atom sendiri sudah ada sejak tahun 1972. Dibangun secara bertahap hingga bisa sebesar sekarang. Sisi paling baru adalah Pasar Atom Mall yang sudah dikelola secara modern dengan sistem zona. Pasar Atom dan Pasar Atom Mall tetap terhubung satu sama lain sehingga menjadi salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Pasar Atom menawarkan banyak hal, didominasi mulai dari perhiasan, produk fashion dan tekstil, sampai yang paling dicari orang, yaitu makanan khas Surabaya.

Cakue Udang

Banyak makanan di Pasar Atom yang harus dicoba kalau berkunjung kesana. Salah satu yang paling terkenal adalah Cakue Peneleh. Kalau dari arah pintu masuk parkiran mobil atau motor (seberang ITC Surabaya Mega Grosir) tinggal ikuti aja selasar di sisi kanan pasar. Lurus ke belakang sampai ketemu lobi samping. Masih lurus masuk ke daerah makanan-makanan sampai mentok dan belok ke kiri. Cakue Peneleh ada di sisi kanan selasar tadi. Cakue Peneleh punya dua pilihan, cakue biasa dan cakue udang. Favorit saya pastinya cakue udang. Cakue udang sebenernya adalah cakue biasa yang bagian atasnya dikasih semacam adonan bakwan udang sehingga rasanya jadi jauh lebih gurih. Ukurannya lebih kecil dibanding cakue biasa, bite size, jadi enak banget dimakan sambil nyocol sambel bangkok khusus bikinan dari Cakue Peneleh juga. 

Roti Goreng

Kalau jual cakue pasti juga jual roti goreng kan. Nah di Cakue Peneleh ini roti goreng yang dijual wangi banget. Wijennya banyak dan teksturnya lembut, gak kasar. Ukurannya lumayan besar, jadi sesuai sama harganya. Selain cakue dan roti goreng, Cakue Peneleh juga menjual macem-macem jajanan pasar. Ada tempe mendoan, tahu petis, otak-otak, dan masih banyak lagi jajanan yang bisa diborong!


Lontong Sayur

Menjelang siang kalian bakal menemukan banyak banget penjual lontong sayur dan bubur khas Madura di selasar dekat lobi samping sebelum ke Cakue Peneleh. Sederet semuanya jual lontong dan bubur. Terus, pilih yang mana dong? Tergantung selera sih. Kalau saya biasanya pilih penjual pertama yang di ujung begitu mau masuk selasar (pernah coba yang di ujung belakang selasar tapi rasanya masih lebih mantap yang pertama ini). Para penjualnya asli Madura jadi memang gak perlu diragukan lagi rasanya. Dijamin lontong sayurnya nikmat banget sih. Santannya pas dan tidak terlalu berat. Sedikit ada rasa gurih dari tetelan daging yang ikut dimasak bareng kuahnya. Dan jangan lupa untuk minta sambelnya ya. Tapi buat yang gak begitu bisa makan pedes mendingan minta sedikit aja udah cukup. Biasanya seporsi lontong sayur ini sudah lengkap sama kerupuk. Kerupuk yang dipakai ini beda karena bahan dasarnya terbuat dari tepung singkong. Rasanya lebih berat dibanding kerupuk biasa dan ada sensasi lengket-lengketnya di langit-langit mulut. 

Bubur Campur Madura

Habis makan lontong sayur, paling enak makan bubur madura buat penutup. Bubur madura di sini isinya boleh pilih bebas sesuai selera. Saya biasa pesen bubur campur yang isinya ada bubur sumsum, jenang grendul, lupis, ketan, dan klanting. Gak lupa ditaburi kelapa parut dan disiram gula merah cair. Yang paling juara adalah bubur sumsumnya. Halus banget banget banget. Mungkin yang paling halus sejauh yang saya pernah makan. Harus dicoba!

Katuai Signature

Sebelum pulang baiknya nyempetin ngopi dulu. Di Pasar Atom ini ada salah satu cabang dari Katuai Kopi, tepatnya di lantai dua. Kalau dari lobi samping langsung masuk aja ke tengah dan naik eskalator. Begitu sampai langsung kelihatan kiosnya di bawah eskalator selanjutnya. Katuai Kopi menjual es kopi susu, seperti yang sedang terkenal beberapa saat terakhir ini, dan beberapa pilihan minuman non kopi lainnya. Saya cukup sering membeli Katuai Signature-nya. Perpaduan antara kopi dan susunya pas. Harganya juga seperti es kopi susu lainnya, hemat dan bersahabat!

Masih banyak lagi sebenernya jajanan di Pasar Atom. Tapi yang sudah saya ceritakan tadi adalah beberapa favorit saya. Jadi sebelum puasa, sempatkan mencoba ya!





Arahan dari Arka:


Pasar Atom
Jln. Bunguran No. 45
Pabean Cantian, Kota Surabaya 60161

Jam Buka: 10.00 WIB - 17.00 WIB
(Tapi tiap jajanan punya jam buka yang berbeda. Cakue Peneleh buka dari pagi sampai agak siang. Sedangkan lontong sayur justru baru buka menjelang siang.)

Harga:
Cakue Udang Rp6.500,00 per satuan
Cakue Biasa Rp5.000,00 per satuan
Roti Goreng Rp5.000,00 per satuan
Lontong Sayur Rp15.000,00
Bubur Campur Rp10.000,00


Katuai Kopi
Pasar Atum Lama Tahap I-III Lt. 2
Harga: Katuai Signature Rp18.000,00

Comments

Popular Posts