Jakarta: Giyanti Coffee Roastery

Ke mana, Arka? Ngopi dulu di Giyanti. 



Giyanti adalah sebuah kedai kopi yang terletak di daerah Menteng, Jakarta Pusat. Meskipun letaknya lansung di tepi jalan, kedai kopi ini agak sulit terlihat. Ini karena Giyanti tidak memasang papan nama besar di depannya. Ditambah lagi pintu masuk Giyanti harus melewati lorong terlebih dulu di sisi samping bangunan. Jadi saran saya kalau sudah masuk ke Jalan Surabaya, lebih baik mulai fokus untuk mencari sebuah bangunan berwarna putih dengan pintu berwarna biru. Bangunannya juga punya lahan parkir yang lumayan luas. Nah setelah ketemu, lalu langsung masuk aja melalui lorong yang ada di sisi kiri bangunan itu tadi. 

Smoking Area

Giyanti ini cukup ramai, padahal saya datang ketika mepet jam baru buka. Untung saja tempat ini bisa dibilang luas. Ada area smoking dan non smoking. Smoking area-nya berada di seperti halaman belakang dari tempat ini secara keseluruhan. Terbuka, sehingga bisa mendapat cahaya matahari langsung. Sedangkan untuk non smoking area terletak di bangunan yang kita lihat tadi di depan. Terdiri dari dua lantai dengan langit-langit yang tinggi. Mereka juga memiliki area dalam ruang tambahan yang di dalamnya terdapat pastry counter dan sekaligus dapur. Di area itu tadi juga terdapat meja khusus untuk ibu hamil, orang usia lanjut, dan anak kecil. Jadi kita tetep boleh menempati meja khusus itu tapi begitu ada pengunjung yang sudah saya sebutkan tadi, kita akan diminta untuk pindah. One nice little thing, tho. 


Non-smoking Area

Melihat gaya bangunan dan desain interiornya, Giyanti sepertinya lebih mengusung konsep etnik dengan sentuhan rustic. Hal ini dapat dilihat dari kursi-kursinya yang semua terbuat dari rotan atau pun kayu unfinished serta lantainya yang memakai tegel motif berwarna biru. Warna biru saya rasa juga mendominasi seluruh ruangan di Giyanti, mulai dari jendela, pintu, lantai, ataupun bantalan kursi. Detail rustic kemudian juga dapat terlihat pada meja-meja kayunya. Atau pada tiang-tiang besi lawas yang banyak terlihat di sudut-sudut ruangan. 


Cappuccino

Almond Croissant

Beralih ke makanan dan kopinya. Saya pada saat itu memang datang untuk sarapan dan minum kopi pagi. Jadi saya hanya memesan secangkir kopi dan satu buah croissant untuk menemani. Menurut saya rasa kopi dan croissant di sini cukup enak. Sangat bisa dinikmati, tapi belum istimewa dan menonjol di antara banyaknya kedai kopi lain. Beberapa tempat ada yang mempunyai kopi dan croissant yang lebih baik, meski ada juga yang lebih buruk. Jadi Giyanti ini ada di tengah intinya. 

Untuk kopinya, kamu bisa minta strong atau cuma middle. Sehingga buat kamu yang tidak terlalu bisa minum kopi dengan rasa yang kuat, kamu tetap bisa menikmati sesuai selera. Nah karena masalah selera itu tadi, Giyanti juga menawarkan beberapa pilihan single origin, baik dari Indonesia maupun dari luar negeri, yang bisa kamu tanyakan langsung ke staf di sana. Sedangkan untuk almond croissant-nya memiliki tekstur sedikit berongga dengan banyak udara di dalamnya. Oleh karena rasanya yang tidak menojol, seperti yang saya sudah bilang tadi, croissant ini jadi cocok untuk teman minum kopi.

Jadi, secara keseluruhan Giyanti ini cukup menarik. Menawarkan suasana yang berbeda dibandingkan dengan kedai-kedai kopi lain yang sekalibernya di Jakarta. Letaknya pun sangat strategis di sekitar Menteng. Kopi dan croissant-nya meskipun tidak terlalu menonjol tetapi boleh lah dicoba untuk teman ngobrol. You should try!

#OOTD Spot Suggestion

Voila! One #OOTD wont hurt, right?





Arahan dari Arka:


Giyanti Coffee Roastery
Jln. Surabaya No. 20
Menteng, Jakarta Pusat 10310
021 3192369 / 081218480012
Jam Buka: 09.30 WIB-17.30 WIB
(Tutup di hari Minggu dan Senin. Selama Ramadhan mereka juga buka sampai jam 18.30 WIB)
 
Menu

Comments

Popular Posts